2013-04-02


Hal-Hal yang Dianjurkan Bagi Orang yang Berpuasa


Jakarta Selatan, 2 Ramadhan 1431 H
Hal-Hal yang Dianjurkan Bagi Orang yang Berpuasa
Bismillahirrahmanirrahim.
Sesuai dengan janji saya kemarin, kini saya akan membahas tentang Hal-hal yang dianjurkan bagi orang yang berpuasa. Langsung aja yah, here they are:
1. Sahur
Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, telah bersabda Rasulullah saw: “Makan sahurlah, karena sesungguhnya didialam makan sahur itu terdapat keberkahan.” HR. Bukhori & Muslim.
2. Menyegerakan berbuka puasa
Rasulullah saw bersabda: “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa.” (Muttafaqun’alaih)
3. Menghindari perbuatan yang tidak bermanfaat
Rasulullah saw bersabda: “Puasa itu bukan hanya menahan makan dan minum saja tetapi juga dari perbuatan yang tidak bermanfaat dan keji.” HR. An Nasai dan Ibnu Majah.
4. Tilawah dan Tadabbur Al Quran
Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr ra. sesungguhnya Nabi saw bersabda: “Shaum (puasa) dan Al Quran akan memberikan syafa’at bagi seorang hamba pada hari kiamat nanti, puasa berkata: ‘Wahai Rabb ku, aku telah larang ia makan dan syahwat maka aku beri syafa’at padanya, dan berkata al-quran: ‘aku telah larang ia tidur di malam hari, maka aku beri syafaat padanya. maka ia berkata: ‘keduanya memberi syafaat (kepada yang melakukannya).” HR. Imam Ahmad
5. Qiyamul Lail (tarawih)
Rasulullah saw bersabda: “Siapa saja yang qiyam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah swt maka ia diampuni dosa-dosa yang telah lalu.” Muttafaq ‘alaih.
6. Memperbanyak dzikir dan do’a
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa terdapat doa yang tidak akan tertolak yaitu doa ketika berbuka puasa.” HR. Ibnu Majah. (pesan sponsor: penulis sangat menyukai hadits ini ^_^).
Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasululah saw: “Tiga doa yang tidak tertolak yaitu. doa seorang imam yang adil, doa orang yang berpuasa ketika berbuka, dan doa orang yang dizalimi.” HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah
7. Sedekah
Rasulullah saw bersabda: “Sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” HR. Tirmidzi. Namun demikian, saya pernah membaca bahwa hadits ini dhoif, silahkan di-recheck lebih lanjut.
Rasulullah juga bersabda: “Siapa saja yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang puasa yang diberinya dan tidak akan berkurang sedikitpun.” HR. Ahmad, Tirmidzi
Rasulullah saw bersabda: “Siapa saja yang memberi makan dan minum dari yang halal kepada orang yang puasa maka para malaikat akan mendoakannya sepanjang hari Ramadhan dan malaikat jibril akan mendoakannya pada malam lailatul Qadr.” HR. Thabrani
8. Bersungguh-sungguh di 10 Malam Terakhir
Bersungguh sungguh pada 10 malam terakhir bertujuan untuk mendapatkan malam lailatul qadr. Adapun Rasulullah mencontohkannya dengan melakukan i’tikaf.
Demikianlah Hal-hal yang dianjurkan bagi orang yang berpuasa, semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment